Monday 5 June 2017

Pengunaan Kata "di" Pada Awal Kata Yang Benar

    Tak jarang dalam menulis sebuah kalimat maupun paragraf terdapat beberapa kata yang berawalan "di", baik itu sebuah imbuhan maupun sebuah awalan kata. Namun tak jarang kita temui cara penulisan pengawalan "di" yang salah dari berbagai kalangan, baik itu anak kecil bahkan orang dewasa. Terkadang sesorang belum cukup memahami akan aturan penempatan awalan tersebut. Tapi hal itu tidak membuat seseorang untuk memikirkannya lebih dalam.
     Apakah "di" disambung pada sebuah kata atau kata lainya sebagai imbuhan, ataukah "di" diberi spasi dengan kata yang bersangkutan? Pernahkah anda memikirkannya?
Teringat waktu saya masih duduk di kelas 1 SMP saya pun sama sekali belum memahaminya, setiap kata yang berawalan "di" selalu saya sambung tanpa ada spasi dengan kata yang bersangkutan. Namun saya tidak perna memperhatikannya apakah penulisan kata saya itu sudah benar atau tidak, bahkan tak sedikitpun niat untuk memikirkannya, toh tidak ada yang negur juga kan. Sampai suatu ketika guru  saya menguji kita dalam penulisan "di" yang benar, dan tak jarang diantara kita yang salah. Saya pun tidak mau malu hanya karena hal sepele seperti itu (pikirku), semenjak itulah saya mulai mempelajari penggunaan imbuhan dan akhiran yang benar terutama kata "di".
Walaupun kecil, walaupun hal sepele, walaupun tak terlihat, tapi dari hal kecil itulah kita bisa dilihat orang lain. Apalagi yang hobby nulis pasti malu kan kalau ada kata yang salah walau sekecil semut, kan sebagai penulis harus tau betul penulisan EYD yang benar 😜.
   Nah untuk adik-adik dan teman-teman semua yang belum bisa membedakan pemakaian kata "di" yang tepat, di sini saya akan sedikit menjelaskannya supaya bisa dipahami.
   Kata "di" pada sebuah kalimat biasanya digunakan sebagai imbuhan dan juga kata di awal kata yang menunjukkan suatu tempat, daerah, benda dan lain-lain. Kata "di" sebagai imbuhan digunakan pada sebuah kata kerja yang menunjukkan suatu aktifitas seseorang, kata sifat, dan juga kata tanya, Contohnya: dipakai, ditulis, dimakan, dicerita, dimiliki, dilakukan, diraih, dikarenakan, dikenal, dibutuhkan, dimana, dsb. Sedangkan kata "di" yang digunakan di depan kata/objek yang menunjukkan sebuah kata keterangan tempat, maupun waktu diberi spasi, contohnya: di sekolah, di kantor, di lapangan, di hari ini, di masjid, di dunia, di tempat, di ingatan, di sini, di sana dll. 

No comments:

Post a Comment